Visi
“Menjadi Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Terkemuka di Papua yang Menghasilkan Lulusan Unggulan, Bermoral dan Bermartabat di Tahun 2024”
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan kesehatan masyarakat melalui metode pembelajaran berbasis masalah lokal dan nasional.
- Melaksanakan pengelolaan pendidikan yang transparan, bermutu, dan berstandar nasional dengan atmosfer akademik yang kondusif.
- Mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat berfokus pada masalah kesehatan masyarakat di Papua dan Indonesia.
- Mengembangkan kemitraan dan jejaring nasional untuk memperkuat Tridarma Perguruan Tinggi.
Tujuan
- Menghasilkan Sarjana Kesehatan Masyarakat yang unggul, serta mampu berperan aktif mengatasi masalah kesehatan masyarakat di Papua dan Indonesia.
- Menghasilkan kurikulum yang relevan dan berstandar nasional serta berfokus lokal Papua dengan suasana atmosfer akademik yang kondusif.
- Menghasilkan publikasi pada jurnal nasional dan internasional, dan HKI melalui karya dosen dan mahasiwa.
- Terlaksananya program pemberdayaan masyarakat oleh dosen dan mahasiswa melalui PBL dan KKN secara kontinyu dan berkesinambungan.
- Terwujudnya kemitraan berjejaring dengan pemangku kepentingan di tingkat nasional dan lokal Papua.
Peminatan
- Epidemiologi
- Administrasi Kebijakan Kesehatan
- Kesehatan Lingkungan
- Kesehatan Reproduksi
- Promosi Kesehatan
Kompetensi Kesehatan Masyarakat
- Mampu melakukan kajian dan analisis situasi (analytic/assessment skills).
- Mampu mengembangkan kebijakan dan perencanaan program (policy develompent/program planning skills).
- Mampu berkomunikasi secara efektif (communication skills).
- Mampu memahami budaya setempat (cultural competency skills).
- Mampu melaksanakan pemberdayaan masyarakat (community empowerment).
- Memiliki penguasaan ilmu kesehatan masyarakat (public health science skills).
- Mampu dalam merencanakan keuangan dan terampil dalam bidang manajemen (financial planning and management skills).
- Memiliki kemampuan kepemimpinan dan berfikir sistem (leadership and system thinking skills).